4 sehat 5 sempurna

Menu Makanan Seimbang 4 Sehat 5 Sempurna

Menu Makanan Seimbang 4 Sehat 5 Sempurna – Makanan Sehat menjadi menu yang seharusnya dikonsumsi oleh setiap orang yang mendambakan hidup sehat secara alami. Makanan sehat yang biasanya kita kenal dengan slogan 4 sehat 5 sempurna tercetus sudah sejak tahun 1950 dan sebagai pencetusnya yaitu Prof. Poerwo Soedarmo sebagai bapak gizi Indonesia.

Komposisi menu makanan 4 sehat 5 sempurna :

1. Makanan Pokok, makanan yang diperlukan tubuh sebagai sumber energi tubuh. Makanan memiliki kandungan sumber energi tubuh adalah yang kaya akan karbohidrat seperti nasi, jagung, gandum, kentang, oat, serta umbi-umbian.

2. Lauk Pauk, makanan sebagai pendamping makanan pokok yang berfungsi sebagai sumber zat pembangun untuk tubuh. Makanan lauk pauk biasanya memiliki kandungan Protein seperti telur, daging, ikan, tahu dan tempe.

3. Sayur-sayuran, Sayuran sangat baik untuk kesehatan tubuh baik dimasa pertumbungan dan perkembangan dan juga dalam menjaga daya tahan tubuh agar selalu terjaga kesehatannya. Sayuran yang baik adalah yang berwarna hijau dengan kandungan vitamin, serat dan protein nabati. Sayuran yang banyak digunakan karena banyak manfaatnya adalah bayam, brokoli, tomat, terong dan sayuran hijau lainnya.

4. Buah-buahan, Buah pada umumnya merupakan makanan yang kaya vitamin dan mineral dengan kandungan air yang tinggi, juga serat yang baik untuk kesehatan pencernaan dan hampir semua buah berperan dalam kesehatan tubuh dan menjaganya agar tetap segar bugar.

5. Susu, Susu segar kaya akan nutrisi, diantaranya protein, vitamin D, kalsium, vitamin B12, vitamin A, fosfor, ribofl avin, dan niacin.